Wednesday, October 10, 2012

Ulasan Logitech Ultrathin Keyboard Cover

Oleh Kristian Tjahjono | Jagat Pintar
Menggunakan keyboard merupakan salah satu cara paling efektif dan cepat untuk memasukkan teks menggunakan komputer. Dan ini tetap berlaku saat menggunakan tablet. Penggunaan keyboard virtual di tablet seperti iPad ternyata kurang memadai untuk jangka waktu yang lama — tak heran, berbagai aksesori keyboard dengan berbagai desain bermunculan. 

Logitech Ultrathin Keyboard Cover menghadirkan keyboard nirkabel untuk iPad dengan fungsi ganda sebagai pelindung.



Logitech melengkapi paket pembelian Ultrathin Keyboard Cover (UKC) mereka dengan kabel USB to MicroUSB untuk mengisi-ulang baterai internalnya dan sebuah kain lap untuk membersihkan permukaan keyboard. Desain UKC tentunya menyesuaikan dengan desain & warna iPad yang menjadi pangsa utamanya, sehingga ketika dipasangkan akan nampak serasi layaknya laptop.

Jika dihitung, setidaknya terdapat 63 tombol di papan ketiknya, termasuk tombol khas “cmd” yang biasa Anda temukan pada keyboard Mac. Tombol-tombol ini cukup nyaman ketika ditekan. Jarak antara tombol terasa pas, termasuk ukuran tiap-tiap tombol itu sendiri yang hampir menyamai ukuran tombol (huruf) pada keyboard laptop. Ini bisa mengurangi kesalahan pencet yang sering kita alami saat menggunakan keyboard virtual.

Untuk mulai menggunakannya pun mudah. Anda hanya tinggal menggeser tombol Power yang terletak di sisi kanan ke posisi On. Maka UKC akan menyala dan melakukan pemindaian Bluetooth iPad yang akan dipasangkan. Anda cukup mengaktifkan Bluetooth pada iPad lalu memasangkan (pairing) dengan UKC yang terdeteksi. Setelah itu, letakkan iPad Anda pada holder magnetis secara tegak lurus, lalu miringkan ke belakang hingga mampu berdiri kokoh. Selesai.



Saat tidak digunakan, Anda dapat mencabut iPad dari tempatnya dengan mudah, lalu menjadikan UKC sebagai case agar layar iPad Anda terlindung. Fungsi Auto Wake dan Auto Sleep juga dapat berfungsi sehingga Anda tak perlu kuatir iPad Anda akan menyala terus-menerus selama tertutup UKC. Sedikit catatan dari kami: Saat kami coba, antara UKC dengan iPad tidak tertutup sempurna.

Baterai Logitech UKC mampu bertahan selama 6 bulan untuk sekali pengisian penuhnya. Ini dengan asumsi, UKC tak dipakai lebih dari 2 jam dalam sehari. Logitech menyediakan dua varian warna, yaitu putih dan hitam. Untuk harganya, Logitech UKC dijual sekitar Rp 1 juta.
Kristian Tjahjono, kontributor situs teknologi konsumen yangcanggih.com

No comments:

Post a Comment