Thursday, October 18, 2012

CARA MEMPERBAIKI HARDISK YANG TIDAK TERDETEKSI



Cara Mudah Memperbaiki Hardisk yang rusak memang gampang-gampang susah. Namun sobat pandaanku bisa mencobanya untuk memperbaikinya dan tentunya dengan memahami terlebih dahulu cara memperbaikinya dan juga level kerusakannya. Gampang -gampang susah dalam memperbaiki hardisk adalah kaliamat yang memang sedikit kurang meyakinkan. Namun memang begitulah kenyataanya bahwa berhasil tidaknya memperbaiki harddisk rusak tergantung pada seberapa parah/level kerusakan hardisk. Hardisk merupakan hardware vital dan penting peranannya pada sebuah komputer atau laptop. Tanpa hardisk system operasi komputer atau laptop tidak mungkin bisa berjalan. Dan menurut saya pribadi, selama hardisk itu tidak mengalami rusak secara fisik atau terbakar mainboardnya maka masih ada harapan menyelamatkan hardisk beserta data-data yang ada di dalamnya.

Nah secara umum kerusakan hardisk bisa dikategorikan menjadi 4 level.

Level 1 : Kerusakan Yang Dikarenakan Bad sector. 
Cara menanganinya:
1. Penanganan awal bisa gunakan perintah FORMAT C:/C
    (sesuaikan dengan drive yg akan diformat).
     /C digunakan untuk mebersihkan cluster yg rusak.
2. Bila step 1 nggak berhasil maka gunakan program Disk Manager dari masing-
    masing pabrik pembuat Harddisk.
3. Bila step 2 nggak berhasil gunakan software HDDREG , silahkan download di
    internet programnya.
4. Jika step 3 nggak berhasil coba cara Low Level Format atau Zero File.
5. Jika masih belum bisa, maka lakukan pembagian sector harddisk dan jangan
    gunakan lagi sector yang rusak.

Level 2 : Kerusakan Yang Dikarenakan Kehilangan Partisi Hardisk dan Data 
Hal ini bisa terjadi karena virus atau cara yang salah dalam menggunakan program utility. Ada hal penting yang harus diperhatikan ketika akan mengembalikan partisi hardisk yang hilang, yakni Jenis File System dan Kapasitasnya. File System FAT lebih mudah penanganannya dibanding NTFS atau File System Linux. Maka dari itu periksa terlebih dahulu menggunakan FDISK atau Disk Manager. Setelah selesai di cek maka kalian bisa mengembalikan partisi hardisk menggunakan software Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

Level 3 : Hardisk Terdeteksi BIOS Tapi Tidak Dapat Digunakan
Hal ini bisa terjadi karena disebabkan oleh Firmware yang bermasalah. Biasanya terjadi pada hardisk merk Maxtor dengan seri nama Dewa. nah untuk memperbaikinya kalian bisa download program Firmware dari website merk hardisk tersebut.

Level 4 : Hardisk Tidak Terdeteksi BIOS
Ini merupakan level paling parah. Boleh jadi harus utak-atik komponen elektronika didalamnya. Nah untuk menaganinya berikut prosedurnya:
1. Periksa arus listrik yg mengalir ke harddisk
2. Ganti IC pada mainboard Hardisk
3. Buka Penutup Cover harddisk dan cek posisi Head hardisk
4. Cara yg extreme dengan Canibal hardisk yg lain

3 comments:

  1. kak saya mau nanya nieh:saya mengunakan komputer dell intel pentium 4 masih buil up,,cerita nya gini,,kan saya ,menjalankan program ccleaner di komputer saya lalu saya masuk ke tools dan saya menyapu drive wriper c,d ,,karena lama akhhirnya saya batalkan ,nah pas saya batalkan tiba-tiba komputer saya blue screen dan mati ,dan setelah saya hidupkan harddisk saya tidak terdeteksi di BIOS gan,,,tolong saya,,terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. Terima Kasih Gan informasi nya saya akan mencoba nya.harga hp mito dan salam kenal dari saya.

    ReplyDelete
  3. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual HD Portable

    HD Portable WD Element 500GB Ultra USB 3.0
    Price Rp 629.000

    Deskripsi :

    Spesifikasi Western Digital Element Portable 500Gb
    > Model = WDBPCK5000ABK-PESN
    > Ukuran (L x W x H cm) = 10 x 8 x 12
    > Berat (kg) = 1 kg
    > Warna = black

    Terbaik dari Western Digital Element Portable 500Gb
    > USB 3.0 portable hard drive
    > Bentuk kecil dan ringkas
    > Mudah dibawa kemana saja

    Western Digital Element Portable 500Gb
    > USB 3.0 portable hard drive
    > USB cable
    > Quick Install Guide

    Western Digital Element Portable 500Gb
    > USB 3.0 portable hard drive
    > Bentuk kecil dan ringkas
    > Mudah dibawa kemana saja

    Tag: External hard disks Storage Storage

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya



    Terimakasih :)

    ReplyDelete