Wednesday, October 10, 2012

Skype Jadi Target Malware

TEMPO.CO , Jakarta - Skype, jejaring komunikasi internet ini sedang digunakan oleh peretas untuk mendistribusikan worm yang menginfeksi komputer berbasis Windows. Dalam sebuah pernyataan resmi, Skype menyatakan mereka sudah menyadari adanya aktivitas berbahaya ini dan akan berusaha mengurangi dampaknya.
Worm bisa masuk ke dalam sistem komputer ketika pengguna mengklik pesan instan yang mengatakan "Lol, ini gambar profil barumu?". Para hacker itu sengaja mengunduh data yang berisi file Trojan Horse malware. Ini akan membuka backdoor yang memungkinkan hacker membajak PC si pengguna, menginfeksinya lalu memasukkannya ke dalam botnet army.

Menurut spesialis keamanan internet, Sophos Technology Consultant, worm yang menyerang itu adalah varian dari worm terkenal Dokbot. Jenis ini telah disebarluaskan oleh media sosial Facebook dan Twitter.

Ketika worm ini menginfeksi komputer, ia akan mengirimkan pesan "lol" ke daftar kontak pengguna. Penerima seringkali tidak curiga bahwa pesan itu datang dari seseorang yang mereka kenal. Lalu mengklik pada link yang ditautkan sehingga malware terunduh juga.

Skype menyarankan untuk mengupgrade ke versi terbaru Skype dan menerapkan fitur keamanan terbaru pada komputer. "Pengguna skype seringkali kurang peduli untuk mencurigai link asing," ujar Graham Cluley, senior konsultan teknologi Sophos.

No comments:

Post a Comment