Sunday, October 14, 2012

Jelajah Kota dengan Teknologi Augmented Reality


Kamera di ponsel cerdas tidak hanya digunakan untuk memotret, merekam video atau menangkap QR code. Dengan aplikasi yang tepat, Anda dapat menjelajah sebuah kota dan menemukan banyak tempat menarik menggunakan kamera tersebut.

Tampilan Nokia City Lens. (Nokia)Salah satu dari aplikasi tersebut adalah Nokia City Lens. Pada intinya, aplikasi ini merupakan layanan berbasis lokasi dengan dukungan teknologi Augmented Reality (AR) dan terhubung dengan layanan Nokia Maps. Layanan Nokia City Lens sebenarnya telah diluncurkan Mei 2012 lalu namun masih dalam versi Beta. Tetapi kini Nokia City Lens telah siap digunakan untuk memperkaya kemampuan smartphone Windows Phone dari Nokia.

Seperti telah diketahui bersama, AR merupakan teknologi baru pencitraan visual yang menggabungkan dunia virtual dan dunia nyata secara real time. Misalkan ketika Anda membidik objek sebuah bangunan melaluiviewfinder dari kamera, Nokia City Lens juga menampilkan informasi tempat menarik yang berada di sekitarnya seperti rumah ibadah, pom bensin, restoran dan sebagainya.

Aplikasi AR seperti Layar dan Wikitude sebenarnya sudah beredar di berbagai platform seperti Android dan iOS. Namun nilai kurangnya adalah antarmuka yang membingungkan-mengutip salah satu ulasan di entri Layar pada Google Play. Layar juga tidak dapat bekerja optimal di beberapa objek dan wilayah. Belum lagi aplikasinya yang memakan memori.

Sementara Wikitude masih lebih baik. Bekerja akurat menunjukkan tempat-tempat tertentu dengan optimal, namun tidak sebanding keakuratannya dengan yang dimiliki Nokia City Lens.

Wikitude. (Forbes)Nilai tambah yang dimiliki Nokia City Lens adalah kemampuannya untuk menggabungkan unsur AR dengan panduan navigasi. Saya sendiri telah mencobanya di kota Jakarta dan hasilnya cukup baik. Informasi yang diberikan cukup lengkap dan akan cukup membantu bagi Anda yang masih asing dengan Jakarta. Bahkan ada beberapa tempat yang baru saya temukan saat menggunakannya.

Saat ini daftar kota yang didukung Nokia City Lens masih akan ditambah dan sepertinya untuk Indonesia masih terbatas di Jakarta. Tentunya untuk luar negeri, Nokia City Lens sudah mendukung kota-kota besar di dunia.

Nokia City Lens sudah dapat dinikmati pengguna Nokia Lumia 900, Nokia Lumia 800, Nokia Lumia 710. Bagi Nokia Lumia 820 dan Nokia Lumia 920 yang akan datang, Nokia akan memasukkan fitur terbaru dalam bentuk ikon 3D yang akan membuat pengalaman menjelajah kota dengan teknologi augmented reality menjadi lebih mengasyikkan.

Sumber: www.yahoo.co.id

No comments:

Post a Comment